Saturday, October 7, 2017

Cara Mengatur path Java di Windows

 
Salam Sarjana || Kali ini saya akan membahas tentang  Cara Mengatur path Java di Windows

1. Setelah install java selesai, jalankan Command Prompt (CMD) windows untuk melakukan pengecekan apakah program java telah berjalan di windows. Klik Start > ketik 'cmd' lalu enter.

2.Setelah layar cmd telah terbuka dengan warna latar hitam, ketik 'javac' lalu enter. dan jika hasilnya seperti gambar dibawah ini, yang menampilkan pesan kesalahan "javac' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file" itu artinya status java pada windows kamu masih belum diketahui, Anda harus mengatur path agar java dapat di identifikasi dengan benar. Lanjut ke langkah berikutnya.
3.Untuk mengatur path java JDK, Klik Start > klik kanan My Computer > pilih Properties.

4.Pilih "Advanced System Settings".

5.Klik pada "Environment Variables"

6.Selanjutnya, jendela lain akan terbuka dengan banyak kalimat dan huruf yang membingungkan. Klik dua kali pada variable "Path" pada salah satu kotak pilihan.


7.Setelah variabel dibuka, kotak teks di jendela lain akan muncul. Hati-hati untuk tidak menghapus apa pun di kotak ini. Pada akhir kotak teks pada Variable value, menambahkan teks berikut:

Ini adalah asumsi Anda tidak mengubah path file instalasi. Setelah selesai Klik "Apply" dan "OK" untuk semua jendela yang baru saja dibuka.

8.Buka command prompt lagi, untuk melihat apakah itu perintah "javac" telah bekerja pada windows. Dan jika hasilnya seperti gambar dibawah ini, berarti java telah bekerja di laptop atau PC.

No comments:
Write comments